Kesalahan-Kesalahan Yang Kerap Dilakukan Dalam Membersihkan Telinga

0
218
Kerap Dilakukan Dalam Membersihkan Telinga

Membersihkan telinga tentu saja adalah sebuah hal yang penting untuk dilakukan demi untuk menjaga kesehatan telinga supaya tidak terkena infeksi. Akan tetapi Anda perlu juga memperhatikan, kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan dalam membersihkan telinga yang sering di lakukan banyak orang.

Telinga mempunyai gendang telinga dan juga beberapa tulang kecil yang oleh para medis biasa disebut ossicles. Tulang-tulang ini lah yang begitu rapuh dan juga sangat rawat mengalami kerusakan. Untuk memperbaikinya pun diperlukan pembedahan khusus.

Kerusakan pada ossicles bisa saja terjadi disaat kita membersihkan atau merawat telinga. Kerusakan ini bisa mengakibatkan kebocoran cairan telinga di dalam yang kemudian lama-lama berpotensi untuk tidak bisa mendengar secara permanen atau vertigo parah.

Dan untuk mencegah kerusakan telinga, sebaiknya mulai untuk memperhatikan beberapa cara berikut ini untuk membersihkan telinga agar tidak salah dalam melakukannya.

1. MEMPERGUNAKAN COTTON BUDS

Para ahli mengucapkan jika cotton buds sebenarnya tidak diperuntukan sebagai alat untuk membersihkan telinga lantaran cotton buds itu kaku dan punya runcing yang bisa merusak gendang telinga dan juga ossicles. Bahkan dengan cotton buds menjadikan kotoran telinga justru menjadi masuk lebih dalam.

2. MEMBERSIHKANNYA SECARA KESERINGAN

Kerap Dilakukan Dalam Membersihkan Telinga
MEMBERSIHKANNYA SECARA KESERINGAN

Meskipun harus dibersihkan akan tetapi rupanya tidak lantar harus dibersihkan setiap hari. Dan rupanya cara terbaik untuk membersihkan adalah 1 kali dalam 3 hari atau paling tidak 1 minggu sekali.

Lihat Juga : 3 Tanda Jika Kamu Benar-Benar Butuh Piknik

3. MEMASUKAN BENDA TAJAM DI TELINGA

Kerap Dilakukan Dalam Membersihkan Telinga
MEMASUKAN BENDA TAJAM DI TELINGA

Ketika telinga terasa begitu gatal, kebanyakan orang akan langsung memasukan benda pada telinga mereka, mungkin saja seperti kuku jari, jari atau penjepit rambut sampai dengan kunci. Hal itu tentu saja sangat berbahaya karena bisa memotong kulit dan juga bisa merusak bagian telinga dalam dan luar.

Matabola menyarankan agar selalu berhati hati yah guys dalam membersihkan telinganya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here