5 Fakta Unik Tsunami DiBanten, Bukan Dari Gempa

0
122
5 Fakta Unik Tsunami DiBanten
Tsunami DiBanten - MATABOLA

Pada hari Sabtu tanggal 22/12 malam telah terjadi tsunami yang menerkam wilayah pesisir kabupaten Pandeglang, kota Banten dengan ketinggian satu sampai dua meter.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau di singkat dengan BMKG telah membenarkan terjadinya Tsunami di wilayah pesisir kota Banten.

Gelombang Tsunami yang terjadi bukan hanya menerkam rumah warga sekitar dan serta penginapan sekitar, namun fasilitas wisata di lokasi Pantai Anyer pun di terkam oleh Tsunami dari sapuan gelombang yang datang ke daratan.

Kejadian itu sedikit menodai indahnya malam bulan purnama yang terhampar di langit kemarin malam.

Berikut 5 fakta unik Tsunami yang terjadi di kota Banten yang berhasil Matabola dapatkan dari warga warga sekitar dan BMKG.

1. Seismograf Mendeteksi Tidak Adanya Gempa Karena Lempengan Bumi Bergeser

Info catatan dari KMKG, ketinggian gelombang yang dihasilkan mencapai 0,9 meter, Banten 0,35 meter, Pelabuhan panjang hingga 0.28 meter, dan kota Agung Lampung gelombangnya mencapai ketinggi 0.36 meter.

Dwikorita mengungkapkan tsunami yang timbul di pesisir Banten bukan disebabkan oleh aktifitas seismik tektonik. Pasalnya, kata Dwikorita, alat seismograf tak mencatat adanya gempa karena bergesernya lempengan bumi.

2. Tsunami Kemungkinan Diakibatkan Dari Dampak Gunung Anak Krakatau

5 Fakta Unik Tsunami DiBanten

BMKG menyatakan kejadian tersebut nampaknya pengaruh dari aktivitas Vulkanik Gunung Anak Krakatau. Karena, sebelumnya warga warga sekitar mendengar beberapa kali suara dentuman seperti erupsi yang terjadi dalam akvitas gunung yang berada di Selat Sunda.

“Tidak ada gejala seismisitas tektonik yang memicu terjadinya tsunami, ketika tadi berkoordinasi dengan badan Geologi, Kemungkinan hal ini dapa terjadi akibat erupsi gunung, secara tidak langsung mungkin dapat memicu terjadi nya tsunami atau tidak.” Ujar Dwikorita.

3. Gelombang Sudah Masuk Daratan Pada Jam 21:00 Wib

Saat ini, mengeai kejadian tsunami yang melimpah kota Banten tersebut sudah berhasil masuk ke daratan, Kepala Pusat Gempa Bumia dan Tsunami (BMKG), Rahmat memastikan gelombang tersebut akan sampai ke darat pada sekitar pukul 21:00 Wib.

“Walaupun tsunaminya hanya kecil, tapi karena bersamaan dengan gelombang tinggi membuat gelombangnya masuk hingga ke daratan karena kaitannya dengan durasi,” tutur Rahmat.

4. BMKG Akan Memeriksa Morfologi Gunung Anak Krakatau

5 Fakta Unik Tsunami DiBanten

Kepala badan Geologi, Rudi Suhendar dalam telekonferensinya, Minggu hari ini lembaganya akan memeriksa lebih jauh tentang morfologi dari gunung Anak Krakatau itu. Mereka akan memastikan penyebab terjadinya tsunami yang melanda pesisir Banten hinggal Lampung.

5. Tsunami Bisa Terjadi Jika Aktivitas Vulkanik Menghasilkan Energi Yang Kuat

5 Fakta Unik Tsunami DiBanten

Seperti yang kita lihat erupsi gunung berapi dapat menyebabkan gelombang tsunami di laut jika ada energi yang kuat dari aktivitas vulkanik tersebut. Kejadian ini bisa berdampak dari longsornya material dari gunung atau bahkan lontaran material Vulkanik.

Matabola mengucapkan Semoga keluarga yang tertimpa benca tsunami di Banten di beri ketabahan dan semoga tidak ada lagi bencana susulan lainnya. Berikan dukungan doa kalian di kolom komentar yah guys

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here